10 Film Luar Angkasa yang Menawarkan Keajaiban Antariksa

QOOMAL — Tak ada batasan yang lebih menakjubkan bagi imajinasi manusia daripada kedalaman luar angkasa. Misteri, petualangan, dan keindahan tak terhingga dari jagad raya telah menginspirasi banyak karya seni, khususnya di dunia perfilman. Film tentang luar angkasa selalu menjadi favorit bagi penikmat film, menawarkan perpaduan antara fiksi ilmiah, drama manusia, dan efek visual yang memukau.

Sejak awal sejarah perfilman, tema luar angkasa telah mendominasi layar lebar. Mulai dari representasi awal tentang penerbangan antarplanet hingga narasi epik tentang pertempuran di antara bintang, sinema telah memperkaya pemahaman kita tentang kemungkinan-kemungkinan di alam semesta.

Film Yang Mencakup Segala Aspek Antariksa, Dari Keindahannya Hingga Misteriannya

 Luar angkasa menyimpan begitu banyak misteri yang belum di ketahui oleh manusia, manyak orang di luar sana yang terus bertanya-tanya ada apa di sana.

Artikel ini akan membawa kalian pada perjalanan melalui sepuluh film tentang luar angkasa terbaik yang pernah diproduksi. Baik kalian adalah seorang penggemar berat film sci-fi atau hanya mencari inspirasi untuk malam film berikutnya. Daftar ini menjanjikan petualangan antariksa yang tidak akan kalian lupakan.

2001: A Space Odyssey (1968)

2001: A Space Odyssey (1968)

Film tentang luar angkasa pertama adalah rekomendasi kali ini adalah sebuah film yang sudah cukup lama di rilis tepatnya pada tahun 1968. Meskipun film ini sudah lama namun cerita yang di tampilkan sangatlah menarik sehingga layak mendapatkan julukkan Old but Gold. Ini juga adalah film scifi yang bertemakan luar angkasa terbaik sepanjang sejarah. Film ini di sutradarai oleh Stanley Kubrick dan di perankan oleh Kerir Dullea, Gary Lockwood dan William Sylvester.

2001: A Space Odyssey menceritakan tentang penemuan benda misterius yang terkubuh di bulan. Film ini juga akan mengajak para penontonnya untuk menjelajah luar angkasa yang begitu megah namun menakutkan. Dan film ini juga memiliki efek visul yang sangat baik meski di buat pada tahun 60-an.

First Man (2018)

Film tentang luar angkasa, First Man (2018)

Film tentang luar angkasa yang rilis tahun 2018 ini adalah sebuah film yang menceritakan tentang perjalanan hidup dari manusia pertama yang pernah menginjakkan kakinya di permukaan bulan. Damien Chazelle adalah sutradara yang membuat film kehidupan Amstrong dari awal kariernya dan kehidupannya sebelum menjalankan misi ke bulan. Ryan Gosling, Claire Foy, Jason Clarke juga akan itu andil dalam film ini.

Film ini akan memiliki kisah astronot legendaris itu yang begitu menguras emosi para penontonnya. Apalagi Armstong untuk bisa mendapatkan prestasi itu harus juga melalui pertentangan dari keluarganya.

The Martian (2015)

Film tentang luar angkasa, The Martian (2015)

Film yang menghabiskan buget hanya $ 108 juta ini berhasil mendapatkan pendapatan kotor sebesar $ 630,2 juta sehingga menjadikannya sebuah film yang terbilang cukup sukses. Film ini juga menggandeng Ridley Scott sebagai sutradara dan  Matt Damon, Jessica Chastain, Kristen Wiig sebagai para pemain yang terlibat dalam pembuatan film ini.

Untuk ceritanya film ini akan mengisahkan tentang Mark Watney, seorang astronot yang harus berjuang hidup di planet Mars seorang diri. Mark ditinggal seorang diri di sana karena timnya menganggap Mark sudah meninggal saat diterjang badai yang terjadi di planet itu. Dengan perlengkapan seadanya, dia harus bertahan hidup di planet asing sambil terus mencoba untuk mengirim sinyal pertolongan ke bumi. Sementara itu ada teman se tim Mark yang berusaha untuk menyelamatkan Mark dan membawanya ke Bumi kembali.

Star Trek (2009)

Star Trek (2009)

Jika kalian ingin film tentang luar angkasa yang dibumbui oleh sentuhan fantasi, film ini akan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kalian. Film ini di sutradari oleh J.J Abrams dan di isi oleh aktor seperti Chris Pine, Zachary Quinto dan Simon Pegg. Menceritakan tentang Nero, bangsa Romulan, yang mencoba untuk menghancurkan setiap planet di galaksi. James Kirk bersama Spock mengumpulkan anggota tim untuk menghentikan aksi Nero sebelum semuanya terlambat.

Apollo 13 (1995)

Film tentang luar angkasa, Apollo 13 (1995)

Apollo 13 adalah film tentang luar angkasa yang di angkat dari sebuah kisah nyata. Film yang di sutradai oleh Ron Howard dan di isi oleh aktor seperti Tom Hanks, Bill Paxton dan Kevin Bacon ini akan menggambarkan bagaimana kejadian dramatis dalam sebuah misi perjalanan ke Bulan. Lovell, Haise, dan Swigert adalah tiga astronot yang mendapatkan misi ke bulan dengan sebuah pesawat luar angkasa bernama Apollo 13. Namun, dia tengah perjalanan pesawat luar angkasa milik NASA itu mengalami kerusakan iternal besar yang dapat mengancam nyawa tiga astronot di dalamnya. Pihak NASA harus segera menyusun strategi untuk mengembalikan Apollo 13 ke bumi untuk menyelamatkan ketiga astronot itu.

Gravity (2013)

Gravity (2013)

Film karya sutradara Alfonso Cuarón ini berhasil membuat para penontonnya untuk bisa merasakan bagaimana rasanya melayang-layang di luar angkasa yang gelap dan tanpa oksigen. Sandra Bullock, George Clooney dan Ed Harris adalah beberapa pemain yang terlibat dalam pembuatan film ini. Untuk ceritanya sendiri berawal ketikan Dr. Ryan Stone dan astronot Matt Kowalsky sedang menjalankan misi rutin di stasiun luar angkasa. Namun naas karena sebuah insiden, stasiun luang angkasa itu hancur dan membuat mereka harus melayang-layang di luar angkasa.

Alien (1979)

Film tentang luar angkasa, Alien (1979)

Ini adalah film tentang luar angkasa pertama yang menjadi awal dari franchice film Alien yang kita kenal sekarang. Film yang rilis tahun 1979 ini adalah film hasil garapan Ridley Scott dan di isi oleh para aktor seperti Sigourney Weaver, Tom Skerritt dan John Hurt. Film ini adalah film dengan genre sci-fi dan juga horor yang mendapatkan tanggapan positif dari masyarakan di seluruh dunia.

Kisahnya berawal di tahun 2122, dimana sebuah pesawat luar angkasa Nostromo yang sudah menyusuri luar angkasa hendak kembali ke bumi. Namun, di perjalanan pesawat itu menerima sinyal SOS dari sebuah planet yang jauh. Mereka akhirnya memutuskan untuk pergi ke planet itu, namun saat tiba di planet itu salah satu kru di serang oleh mahluk misterius yang baru saja menetas. Memang pada awalnya setelah serangan tersebut kru itu baik-baik saja, namun setelah beberapa saat monster dengan tinggi 2,5 meter keluar dari tubuh kru itu. Moster itu juga meneror seluruh awak pesawat itu.

Baca juga : 8 Film Sci-fi Terbaik

Interstellar (2014)

Film tentang luar angkasa, Interstellar (2014)

Film selanjutnya adalah film yang mungkin bisa menggambarkan bagaimana luar angkasa secara pasti menurut sains. Christopher Nolan setelah sukses membangkitkan kembali film Batman melalui The Dark Knight Trilogy ingin menggarap sebuah film yang bertemakan luar angkasa. Dan hasilnya itu adalah Interstellar, sebuah film yang sangat sukses dan menuai banyak pujian dari para kritikus film.

Film yang di perankan oleh Matthew McConaughey, Anne Hathaway dan Jessica Chastain ini menceritakan tentang keadaan bumi yang sudah tidak ramah lagi untuk di tinggali manusia. Hal ini membuat manusia harus di paksa untuk mencari rumah baru di planet lain untuk di tinggali. Cooper dan Brand adalah orang-orang yang mengemban tugas untuk pergi ke luar angkasa dan menyelidiki planet yang bisa di huni manusia.

Star Wars: The Force Awakens (2015)

Star Wars: The Force Awakens (2015)

Selanjutnya ada film dari seri Star Wars lainnya, yaitu Star Wars: The Force Awakens yang rilis di tahun 2015. Film ini juga masih di pegang oleh sutradara J.J. Abrams dan untuk para pemainnya adalah Daisy Ridley, John Boyega dan Oscar Isaac/. Film mengambil latar waktu yaitu 30 tahun setalah kejadian di Return of Jedi.

Cerita dari film ini akan berfokus kepada Rey yang bergabung dengan Fihn seorang mantan Stormtrooper untuk melakukan perjalanan. Dan menariknya lagi film ini menampilkan tiga aktor dari Indonesia yang turut mendapatkan kesempatan untuk tampil dalam salah satu film terkenal ini. Mereka adalah iko Uwais, Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman.

Ad Astra (2019)

Film tentang luar angkasa, Ad Astra (2019)

Film tentang luar angkasa terakhir dalam rekomendasi ini adalah film karya sutradara James Gray yang di rilis pada tahun 2019. Serta menampilkan beberapa bintang seperti Brad Pitt, Tommy Lee, dan Ruth Negga. Kisahnya berawal ketika Clifford hilang 15 tahun yang lalu ketika menjadi seorang astronot yang menjalankan misi ‘Proyek Lima’ bertujuan untuk menemukan kehidupan canggih di luar angkasa. Roy CMcBride anak dari Clifford sangat terobsesi untuk menjadi seorang astronot seperti ayahnya dan juga ingin menjelajahi luar angkasa dengan harapan bisa bertemu dengan ayahnya.

Setelah berhasil menjadi seorang astronot, Roy percaya bahwa ayahnya telah berkorban untuk kemajuan ilmu pengetahuan di bumi. Roy juga mengetahui kenyataan bahwa ayahnya merahasiakan material dalam misinya, material itu dikatakan bisa merusak tatanan tatasurya dan mengancam kehidupan di bumi.

Nah itu dia 10 film yang bertemakan luar angkasa yang menurut kami wajib kalian tonton. Film-film di atas adalah hasil dari imajinasi manusia tentang luar angkasa yang luas dan tidak ada seorangpun yang tahu ada apa diluar sana. Memang film-film luar angkasa ada yang memiliki cerita ringan adapula yang cukup berat hingga mengharuskan penontonnya berpikir dalam tentangnya.

Tinggalkan komentar